Senin, 20 Oktober 2014

Leave a Comment

Peran Social Media Dalam Bisnis



Media sosial atau jejaring sosial kini berperan penting dalam pemasaran produk. Tak heran kini banyak bermunculan pekerjaan online seperti social media specialist dan penjual online.

Pekerjaan online kini semakin diminati, terutama jika Anda berniat membuka atau memperluas bisnis maka jejaring sosial merupakan sarana yang cukup penting. Mengingat jumlah penggunanya yang cukup tinggi di Indonesia, kini jejaring sosial memainkan peran yang signifikan dalam proses pemasaran produk.

Seperti dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dari situswww.kominfo.go.id (7/11/2013), pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persen orang menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Nah, apa saja manfaat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk bisnis Anda?

Brand Awareness
Keuntungan membangun kesadaran brand atau merek melalui media sosial seperti yang ditulis Jason Boeis dari exacttarget.com (20/12/2013) adalah penyebaran merek melalui media sosial dapat membuat orang semakin mengetahui atau mengenal produk Anda. Dari sana Anda dapat mengukurbrand awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk tersebut dari jumlah fans atau followers dan berapa kali brand Anda di-mention dalam suatu periode di media sosial.

Tidak sembarang orang yang dapat membangun brand awareness. Untuk itu, biasanya perusahaan tertentu membayar pekerja online yang khusus mengurusi hal tersebut yakni social media spesialist, community manager, twitter master, digital media analyst, dan search engine optimization (SEO).

Dekat dengan Konsumen

Menurut pakar marketing dan media sosial, Yuswohady seperti yang dikutip dari okezone.com (27/3/2012), media sosial mengubah cara perusahaan berkomunikasi yang semula satu dan dua arah, kini menjadi segala arah.

Selain itu, media sosial menjadi saluran penting bagi retailer untuk berhubungan dengan opini konsumen dan crowdsource (salah satu cara mengajak khalayak umum berpartisipasi memecahkan masalah) mengenai produk baru dan layanan, seperti dikatakan pengelola sebuah situs belanjaonline Yasunobu Hashimoto dalam tulisan Aditya Panji di kompas.com(11/6/2014).

Media Promosi

Kini, media sosial menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif dan langsung ke sasaran. Melalui Facebook, twitter, instagram Anda dapat memberikan informasi seluas-luasnya akan produk Anda kepada konsumen. Dengan memanfaatkan media sosial, konsumen Anda juga tidak terbatas dalam arti bisa dari dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi berkat jaringan internet, kini siapa pun dapat berkomunikasi dengan lebih mudah kemana dan dimana saja.

Riset Pasar
Peran media sosial penting untuk menggali informasi dari para konsumen dan calon konsumen Anda. Anda bisa melakukan polling atau survey melalui media sosial tentang seberapa sadar konsumen akan produk yang Anda miliki, seberapa besar minat pasar, dan mencari informasi siapa-siapa saja yang menjadi kompetitor utama bagi bisnis Anda.

Apakah Anda salah satu pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan usaha Anda? Yuk, bagi pengalaman Anda dengan memanfaatkan media sosial dengan kami lewat kolom komentar di bawah ini!


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar